Selasa, 28 Februari 2012

Wawancara dengan Kanon Wakeshima di Japan Expo

Setelah penampilannya di Laforêt Harajuku parade di Japan Expo, JaME berbincang dengan Kanon Wakeshima.



Kanon Wakeshima seorang cellist muda dan juga seorang penyanyi singgah di Prancis awal tahun ini untuk dua konser. Kali ini ia kembali lagi ke Jepang untuk menghadi Japan Expo dan berbincang sedikit dengan JaME mengenai musik dan inspirasinya.

Dapatkah kamu memperkenalkan diri pada pembaca kami yang mungkin belum mengenal mu?

Kanon Wakeshima: (dalam bahasa Prancis) Nama saya Kanon Wakeshima. Saya sudah bermain cello sejak usia tiga tahun. Hobi saya menggambar. Makanan favorit saya spageti. saya suka kucing, dirumah saya mempunyai kucing hitam dan coklat. Ini adalah kedua kalinya saya ke Prancis; dulu saya tidak sempat ke musium Orangerie, saya harap sekarang sempat.

Bagaimana kamu mendeskripsikan musikmu bagi orang-orang yang baru mau mulai mendengarkan musikmu?

Kanon Wakeshima: Mana-sama menggarap musik dan mengaransemen lagunya, sementara saya menulis liriknya. Tema utama dalam musik saya adalah tentang gadis muda diantara masa remaja dan kedewasaan, dengan sisi imut seorang gadis yang menjadi kelam karena keremajaan. Liriknya ditulis seputar ini.

Orangtuamu lah yang membuatmu bermain cello pada usia tiga tahun. Apa yang memotivasi kamu untuk bernyanyi dengan iringan cello?

Kanon Wakeshima: memang orang tua saya yang membuat saya bermain cello di usia semua itu. Ketika SMP, dimana saya beranjak remaja, saya mulai menulis lagu sendiri. Instrument dasar seperti piano dan gitar tidak cocok bagi saya, jadi saya menggunakan semua yang saya pelajari dari cello untuk bernyanyi. Semenjak SMP itulah konsep bernyanyi dengan cello itu terlahir.

Kamu baru saja merayakan ulang tahun ke 21 mu. Lima tahun yang lalu, apakah kamu memiliki pikiran untuk menjadi seperti sekarang ini?

Kanon Wakeshima: Saya pikir saya mungkin tidak akan bekerja di bidang musik karena saya juga suka berilustrasi. tapi ketika umur enam belas tahun, saya memikirkan untuk mempunyai karir di bidang musik atau seni.

Siapakah artis yang menginspirasi kamu secara musikal?

Kanon Wakeshima: Saya mengangumi banyak artis yang berbeda, tapi dari seluruh musisi Prancis saya suka karya Emilie Simon.

Apakah kamu berlatih cello setiap hari? jika ya, berapa lama?

Kanon Wakeshima: Tidak setiap hari juga sih. Ketika aku mulai bermain, biasanya aku bermain seharian, tapi ada juga saat-saat aku tidak mau memainkannya.

Apakah kamu bisa memainkan alat musik lainnya?

Kanon Wakeshima: Saya juga mempelajari piano dan gitar tapi kedua alat musik itu bukan favorit saya.

Apakah sekarang kamu masih bekerja dengan Mana setelah albummu dirilis? Untuk kedepannya, apakah kamu akan terus bekerjasama dengannya atau menjadi lebih independen?

Kanon Wakeshima: Sekarang, Saya bekerjasama dengan Mana-sama yang menggarap lagu dan menuliskan lagu kemudian diberi pada saya dan saya menulis liriknya. Saya masih dalam tahap belajar dan melalui pengalaman ini saya berharap nantinya saya bisa menciptakan musik saya sendiri dan mengekspresikan diri lebih independen.

Apakah akan ada kolaborasi antara kamu dan Mana, di atas panggung atau dalam lagu di album?

Kanon Wakeshima: Saat ini kami belum membicarakan hal itu, tapi itu cukup menarik. Jika ia mengundang saya untuk bermain cello diatas panggung untuknya saya akan segera menerimanya.

Apakah ada artis-artis tertentu yang kamu harapkan bisa bekerjasama (musisi, komposer...)?

Kanon Wakeshima: Sejak saya mulai, saya belum berkesempatan bertemu dengan artis lain, tapi jika saya diajak bekerjasama dengan seseorang nantinya, saya akan mencobanya.

Apakah kamu ingin membuat musik untuk anime, seperti pada "Vampire Knight", lebih banyak?

Kanon Wakeshima: Ya dan yang saya suka dari footage penutup "Vampire Knight" adalah imagenya pas sekali dengan musik saya. Jika saya berkesempatan untuk terlibat dalam anime lainnya, saya mau melakukannya. Dan juga dengan video game, itu akan sangat menarik.

Sudah beberapa bulan berlalu sejak kamu datang kesini untuk menggelar dua konser. Bagaimana perasaanmu ketika melakukan kosner ini?

Kanon Wakeshima: Saya kaget akan orang-orang yang datang untuk menonton saya saat itu. Mereka sangat ramah dan hangat, dan saya merasa diterima.

Hal apa yang paling berkesan?

Kanon Wakeshima: Saya sangat senang akan dua konser itu, tapi yang tak terlupakan adalah ketika saya membuka payung, semua melakukan hal yang sama. Saya merasakan harmoni bersama dengan mereka dan itu membuat motivasi saya untuk memberikan yang terbaik di panggung menjadi lebih kuat.

Kamu baru saja selesai melakukan konser di Laforêt Harajuku parade. Bagaimana perasaan mu tampil di depan ribuan orang?

Kanon Wakeshima: Dikarenakan oleh-atau lebih tepatnya terimakasih pada- pencahayaannya, saya tidak merasa tampil di depan begitu bayak orang. Hal ini membuat saya tidak terlau tegang dan lebih rileks di hadapan semuanya.

Apakah konser-konser di Prancis ini membuatmu ingin melakukan tur Eropa?

Kanon Wakeshima: Ya, tolong undang saya ke negara kalian! (tertawa)

Mengetahui hasratmu pada bidang ilustrasi, apakah kamu akan membuat buku kumpulan karya -artwork- untuk para fans suatu saat nanti?

Kanon Wakeshima: Saya ingin membuat kumpulan gambar berseri untuk membiarkan mereka mengetahui karya terbaru saya.

Dari mana kamu mendapatkan inspirasi untuk menggambar?

Kanon Wakeshima: Saya sangat suka karya-karya Alphonse Mucha dan dari situ lah saya mendapatkan inspirasi.

Setelah menggambar, apakah kamu mendapatkan inspirasi untuk menulis lagu mengenai gambar itu?

Kanon Wakeshima: Sebenarnya yang terjadi adalah kebalikannya. Setelah menulis lagu, saya terinspirasi untuk membuat gambar yang berhubungan dengan lagu itu.

Apakah rencana mu ke depannya?

Kanon Wakeshima: Saat ini, Aku mendengarkan musik ku dan berusaha menyebarkannya pada semua orang. Kami juga sedang dalam proses pengerjaan single baru.

Pesan untuk fans?

Kanon Wakeshima: Halo, saya Kanon Wakeshima. Terimakasih sudah mengundang saya sekali lagi untuk konser di Prancis dan memberikan saya kesempatan untuk kembali ke kota Paris yang indah. Saya harap, kedepannya pun saya akan berkesempatan untuk kesini lagi. dan untuk yang belum mendengarkan album saya, Saya meminta kalian untuk mendengarkannya.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar